www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Meong, Yuk Piknik ke Pulau Kucing

Posted by On 3:25 PM

Meong, Yuk Piknik ke Pulau Kucing

  • Home
  • Wisata
Meong, Yuk Piknik ke Pulau Kucing Pulau Kucing di Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara. - Antara 17 Mei 2018 13:35 WIB Newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, KEPULAUAN SULAâ€"Dulu Pulau Kucing di Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara ada koloni kucing di sana. Tempat itu memang tempat pembuangankucing liar. Kini, Pulau Kucing berubah wajah, menjadi indah dan dikunjungi banyak wisatawan.

Saat menginjakkan kaki di pulau yang hanya berjarak sekitar 15 menit naik perahu mesin dari Desa Fukweu, Kecamatan Sanana Utara, puluhan kucing terlihat sedang merebut sisa makanan yang ditinggalkan wisatawan yang berkunjung.

BACA JUGA :

  • Wah Ada Kampung Indian Lho di Jember, ke Sana Yuk

Karena tidak ada pemiliknya, kucing-kucing tersebut tampak tidak terawat sebagai halnya dengan kucing liar pada umumnya. Dalam empat bulan terakhir, wajah Pulau Kucing yang tidak berpenghuni dan seluas hanya beberapa hektare itu sudah berubah total setelah dibenahi oleh warga desa sebagai tempat tujuan wisata.

Sekarang Pulau Kucing sudah menjelma menjadi tempat tujuan wisata bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Fukweu.

Dengan membayar ongkos transportasi perahu mesin dari dermaga Desa Fukweu sebesar Rp10.000 pergi-pulang, wisatawan bisa menikmati suasana santai di gazebo di pinggir laut sambil berkaraoke. Jaringan listrik dialiri melalui kabel dalam laut dari desa Fukweu membuat pulau tersebut bisa menyala selama 24 jam.

Subandi, pemuda Desa Fukweu yang juga pengelola kawasan wisata Pulau Kucing mengatakan bahwa wisata di pulau itu dikelola secara swadaya pemerintah desa dan masyarakat.

"Se jak dibuka empat bulan lalu, pemuda desa yang sebelumnya menganggur bisa mendapatkan penghasilan dari usaha wisata seperti menjadi penyedia sarana transportasi," kata Subandi.

Akhir Pekan

Subandi mengaku bahwa ia belum memiliki data yang akurat mengenai kunjungan wisatawan ke Pulau Kucing. "Kalau hari Sabtu dan Minggu serta hari libur, ada sekitar 200-an pengunjung perhari, tapi kalau saat tahun batu dan Lebaran bisa mencapai 2.000 orang," katanya belum lama ini.

Sebagai daerah yang baru dimekarkan, Kabupaten Kepulauan Sula dan potensi wisata yang ada di daerah itu memang belum banyak dikenal, bahkan di dalam negeri sendiri. "Kendala yang kami miliki tentu saja infrastruktur seperti bandara yang belum memadai, selain akomodasi dan sumber daya manusia," kata Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes.

"Saya tanpa jemu berusaha merangkul seluruh elemen masyarakat untuk duduk bersama mencari jalan dan solusi dalam mengemba ngkan industri pariwisata," katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan Kabupaten Kepulauan Sula untuk mempromosikan diri agar dikenal adalah dengan menggelar Festival Maksaira secara teratur.

Berita Terkait

PHRI Sleman Berperan dalam Pertumbuhan Pariwisata…
Wah Ada Kampung Indian Lho di Jember, ke Sana Yuk
Padusan di Jogja Bay Waterpark Cuma Bayar Rp50.000
Piknik & Makan Malam ke Gedung Kunstkring di Batavia

Terkin i Lainnya

Siap-Siap Blenger dengan Menu Serba Durian di Bukber Ibis Styles

2 hours ago Wisata

Pengin Berbuka Puasa Sensasi India? Taj Indian Kitchen Layak Dicoba

2 hours ago Wisata

Wow, Rumah Makan Sekawan Tawarkan Free Ongkir Selama Ramadan

15 hours ago Wisata

Meong, Yuk Piknik ke Pulau Kucing

15 hours ago Wisata

Rayakan Hari Ibu Interna sional, Aston Batam Bagikan Kue Spesial untuk Tamu Wanita

19 hours ago Wisata

Gorengan ala Jepang Banyak Ragamnya, Belajar Bikin Yuk

1 day ago Wisata

Uut Selly "Goyang" Jogja Bay Waterpark

1 day ago Wisata

Luncurkan Menu Baru, Hotel Pandanaran Ajak Food Blogger Mencicipi

2 days ago Wisata

Sajian Mewah Buka Puasa di Grand Ambarrukmo, Tapi Suasana Berasa di Rumah

2 days ago Wisata

Wah Ada Kampung Indian Lho di Jember, ke Sana Yuk

2 days ago WisataSumber: Google News | Liputan 24 Sanana

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »