Kawasan Pemukiman Elit Jakarta Mulai Beralih Fungsi Jadi Kawasan Bisnis | Liputan 24 Jakarta
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Kawasan Pemukiman Elit Jakarta Mulai Beralih Fungsi Jadi Kawasan Bisnis

Posted by On 10:11 AM

Kawasan Pemukiman Elit Jakarta Mulai Beralih Fungsi Jadi Kawasan Bisnis

Kawasan Pemukiman Elit Jakarta Mulai Beralih Fungsi Jadi Kawasan Bisnis

“Apa yang akan mereka lakukan? Kalau enggak mampu biasanya jika anaknya sudah berhasil akan patungan untuk membayarkan itu."

Kawasan Pemukiman Elit Jakarta Mulai Beralih Fungsi Jadi Kawasan BisnisTRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWANIlustrasi

Laporan Reporter Kontan, Kiki Safitri

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kawasan elit pemukiman di DKI Jakarta perlahan mulai alih fungsi menjadi kawasan bisnis. Pergeseran ini mulai terjadi sejak pertanahan di DKI mulai mengalami kenaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) secara sistematis dari tahun ke tahun.

Menurut pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Yoga, beberapa kawasan elit yang saat ini beralih fungsi karena ketidakmampuan penghuni membayar pajak kawasan tersebut yang terus naik.

“Kalau daerah seperti Kebayoran Baru dan Menteng itu adalah hunian yang dulu dihuni orang kaya yang sekarang sudah lansia (lanjut usia) dan pensiun. Dan kemampuan membayar NJOP-nya tidak sama seperti dulu,” kata Nirwono saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (22/7/2018).

Nirwono menjelaskan, kenaikan NJOP memiliki dampak kepada lansia dan orang-orang lama yang dulunya kaya, sekarang sudah tidak bekerja maka tidak mampu membayar PBB yang terus melejit.

“Apa yang akan mereka lakukan? Kalau enggak mampu biasanya jika anaknya sudah berhasil akan patungan untuk membayarkan itu. Tapi alternatif lainnya adalah menjual rumah itu dan kemudian orangtuanya pindah ke pinggir sekitar, missal Bintaro dan sekitarnya,” katanya.

Kenaikan NJOP dari tahun ke tahun jelas berperan mengubah fungsi bangunan dan tata kota mengikuti perkembangan jaman dan kebutuhan masyarakat saat ini.

Baca: Yacco, Pelumas Asal Prancis Ekspansi Pasar ke Indonesia

Nirwono melanjutkan, jika pemilik rumah sudah tidak mampu membayar PBB alternatifnya adalah dengan menjual rumah, maka pembelinya bisa dipastikan adalah OKB (Orang Kaya Baru) atau pengusaha.

Untuk OKB, tinggal di pusat kota adalah memiliki kebanggaan tersendiri.

Sedangkan untuk pengusaha, memiliki rumah di tengah kota untuk membuka bisnis dan usaha yang menghasilkan.

Baca: Sampaikan Terima Kasih ke Dokter Terawan, Sakit Apa Sebenarnya SBY?

Halaman selanjutnya 12
Editor: Choirul Arifin Sumber: Kontan Ikuti kami di Kesaksian Warga di Puuwanggudu yang Lihat dan Lumpuhkan Ular Piton 7 Meter di Sungai Sumber: Berita Jakarta

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »