Perjalanan: Kolaborasi Unik Kaum Jakarta dan Arumdalu Farm | Liputan 24 Jakarta
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Perjalanan: Kolaborasi Unik Kaum Jakarta dan Arumdalu Farm

Posted by On 6:57 AM

Perjalanan: Kolaborasi Unik Kaum Jakarta dan Arumdalu Farm

Liputan6.com, Jakarta Kaum Jakarta sebagai bagian dari Potato Head Family seolah tak pernah kehabisan ide berinovasi. Kali ini, restoran yang mengusung tema tradisional modern tersebut bekerja sama dengan Arumdalu Farm untuk mengangkat kekayaan kuliner Indonesia serta bahan-bahan yang nyaris terlupakan dari penjuru daerah.

Arumdalu Farm sendiri merupakan pertanian urban pertama yang berintegrasi dengan ekosistem serta teknologi dari Arumdalu Lab, serta berkolaborasi dengan Scientia Square Park di Summarecon. Perjalanan adalah tajuk yang dipilih untuk kolaborasi antara Kaum dengan Arumdalu Farm itu sendiri.

"Program kolaborasi ini bertempat di Kaum Jakarta, dimulai dari 19 September sampai 14 Oktober," ujar Brand Director Kaum Jakarta, Lisa Virgiano.

Ia menjelaskan, Perjalanan akan menjadi bukti akulturasi antara keragaman makanan asli Indonesia dengan teknologi hi dup berkelanjutan. Setidaknya terdapat 3 bagian dalam Perjalanan sebagai kolaborasi antara Kaum Jakarta dengan Arumdalu Farm.

1. Instalasi Pertanian Vertikal

Perjalanan: Kolaborasi Unik Kaum Jakarta dan Arumdalu Farm
Doc: Liputan6.com/SulungLahitani

Bertujuan untuk membantu produsen menciptakan metode pertanian yang lebih efisien dan berkelanjutan, Arumdalu Farm menciptakan teknologi Your Simple Garden (YSG). Ini merupakan sitem pertanian vertikal yang menggabungkan sistem hidroponik, akuaponik, dan aeroponik dengan menggunakan limbah ikan yang dikonversi oleh mikro-bakteri menjadi nutrisi bagi tanaman, memungkinkan ekosistem mikro berkembang.

"Dengan teknologi ini, Anda tak perlu khawatir tak bisa bercocok tanam hanya karena memiliki lahan yang terbatas. Tapi memang teknologi ini kurang cocok untuk tanaman berbatang keras," jelas CEO Arumdalu Farm, Albert Pramono.

2 dari 3 halaman

2. Pameran 'Super Food' Indonesia

Perjalanan: Kolaborasi Unik Kaum Jakarta dan Arumdalu Farm
Doc: Liputan6.com/SulungLahitani

Dengan koleksi lebih dari 500 jenis tanaman lanskap dan tanaman yang dapat dimakan di Indonesia, Arumdalu Lab telah melakukan penelitian di semua tahap untuk mengamati pertumbuhan dan perilaku tanaman.

Dalam pameran ini, Arumdalu Lab sebagai bagian dari Arumdalu Farm akan memamerkan 8 bahan makanan yang dikategorikan sebagai Makanan Super Indonesia. Pemilihan tersebut diambil berdasarkan nutrinya yang kaya serta karakter tanaman yang unik sehingga dapat beradaptasi pada ekosistem tertentu di nusantara ini.

3 dari 3 halaman

3. Menu Spesial

Perjalanan: Kolaborasi Unik Kaum Jakarta dan Arumdalu Farm
Doc: Liputan6.com/SulungLahitani

Untuk melengkapi kekayaan pengunjung, Kaum mempersembahkan menu spesial dengan bahan-bahan yang dipanen langsung dari Arumdalu Farm seperti tempe kacang merah dan daun kenikir. Menu-menu serba tempe kreasi koki Kaum Jakarta dengan bahan-bahan segar dari Arumdalu Farm dijamin membuat pengunjung yang datang merasakan pengalaman yang berbeda.

Menu-menu serba tempe tersebut yakni: Tempe Gulung Sambal Kecombrang, Pecel Sambal Tumpang, Terong Bakar Isi Tempe Saus Pedas Madu, Nasi Goreng Tempe Asap, Ayam Bakar Botok Tempe, serta Bolu Kukus Tempe.

"Yang menarik, setiap pembelian spesial menu, pengunjung akan mendapatkan satu tiket masuk ke Scientia Square Park agar bisa merasakan langsung pengalaman memanen sayuran dan bahan-bahan lainnya di Arumdalu Farm," ujar Lisa lagi.

Menu-menu tersebut juga ters edia mulai dari tanggal 19 September hingga 14 Oktober. Dengan menu yang dibandrol mulai dari Rp 45 ribu, dijamin Anda akan merasakan pengalaman yang tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Tunggu apalagi?

Sumber: Berita Jakarta

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »